pada tanggal
kabarmoto.blogspot.com
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Apa itu konfigurasi mesin V - konfigurasi mesin ini mungkin sudah tidak asing ditelinga para pecinta mobil, karena kebanyakan kendaraan roda empat memakai konfigurasi mesin ini, namun bagi para rider apalagi yang masih awal di dunia otomotif mesin ini masih cukup asing, apa sih mesin V itu.
Mesin V ini pertama kali dibangun oleh Gottlieb Daimler pada tahun 1889 dengan konfigurasi mesin V-Twin atau dua silinder V untuk mobil 1889 Stahlradwagen. Mesin V memiliki sudut yang berbeda. Saat ini umumnya sudut mesin V sebesar 45 dan 60 derajat. Dan Jika mesin V menggunakan sudut 90 derajat, maka yang terbentuk adalah mesin L.
Mesin konfigurasi V atau V engine adalah mesin pembakaran dalam yang umum digunakan, disebut mesin V karena susunan piston diatur sedemikian rupa sehingga membentuk seperti huruf V. Variasi sudut dari konfigurasi V ini digunakan di berbagai mesin yang berbeda; tergantung pada jumlah silinder nya, dari hal ini juga dimungkinkan adanya perbedaan besar sudut yang terasa lebih baik kinerja nya daripada besar sudut lain dalam hal stabilitas.
Konfigurasi V dapat mereduksi panjang dan berat keseluruhan mesin jika dibandingkan dengan mesin yang tersusun dengan konfigurasi lurus. Bahkan beberapa mesin yang memiliki konfigurasi V memiliki keseimbangan yang baik, serta dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih baik daripada mesin inline.
Namun, mesin V cenderung membutuhkan lebih banyak budget dalam pembuatan serta perawatannya, hal ini dikarenakan banyaknya moving part yang terdapat dalam mesin ini. Mungkin sudah banyak kendaraan roda empat yang menggunakan konfigurasi ini, namun beberapa pabrikan motor juga banyak yang mengadopsi mesin ini lho, contohnya harley davidson dengan V-twin nya, ducati dengan V4 bahkan juga V-twin loh.
Komentar
Posting Komentar